Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Ketika Ingin Berkendara

Aktifitas padat membuat kebanyakan orang rela lembur semalaman, karna begitu menumpuk pekerjaan yang belom diselesaikan. Bahkan sampai menjelang pagi baru selesai. Tentunya sebagai manusia biasa yang tidak cukup waktu tidurnya selama 6 jam dalam satu hari, pastinya akan merasa mengantuk.

Terlebih lagi ada janji atau keperluan lain yang harus dihadiri dan itu harus menggunakan kendaran, dikarnakan waktu dan jarak yang menuntut. Tentunya berkendara dalam kondisi yang kurang fit dan mengantuk akan sangat membahayakan pengendara. Tidak sedikit kecelakaan terjadi dikarnakan pengemudi yang mengantuk. Hal tersebut akan berbahaya pada dirinya dan orang sekelilingnya.

Memang untuk menghindari rasa ngantuk ketika berkendara itu sulit akan tetapi hal tersebut harus dilakukan. jika anda tetap memaksakan diri anda untuk berkendara, maka yang terjadi adalah kemampuan dan kewaspadaan dalam berkendara akan sangat berkurang. Jika keteledoran terjadi maka orang atau kendaraan-kendaraan disekeliling anda akan berbahaya.

Minuman kopi yang kita tau adalah minuman penghilang rasa ngantuk selain harus tidur yang cukup. Akan tetapi sejatinya efek dari kopi tersebut hanyalah menunda rasa kantuk, sehingga meminum kopi untuk menghilangkan rasa kantuk ketika berkendara bukanlah solusi yang tepat.

Sebenarnya belum ada cara lain untuk menghilangkan rasa kantuk selain tidur yang cukup. Jadi diusahakan ketika ingin berkendara usahakan sudah tidur selama 6 jam minimal. Walaupun ada anggapan bahwa idealnya waktu tidur selama 24 jam adalah 8 jam, karna itu kurang tepat.

Jika kita bangun terkadang badan ini terasa lemas sekali dan terkadang malah terasa bugar, bukan berarti itu dikarnakan terlalu banyak waktu tidur atau terlalu dikit waktu tidur. Tanpa kita sadari ketika kita tidur pada kelipatan satu setengah jam, 3 jam dan seterusnya, itu kondisi badan ketika bangun dalam kondisi yang bugar. Sebaliknya jika kita tidur dalam kelipatan satu jam, dua jam dan seterusnya maka badan akan merasa lemas ketika bangun.

Akan tetapi jika rasa kantuk sudah tidak bisa dibendung lagi sedangkan anda masih berkendara, maka langkah yang tepat adalah menepikan kendaraan anda kemudian beristirahat sejenak. Minumlah minuman hangat kemudian pejamkan sejenak mata anda. Ketika bagun lakukanlah pemanasan sedikit untuk melancarkan predaran darah dan melemaskan otot-otot yang kejang.

Tanda-tanda badan butuh istirahat yaitu ketiak mata mulai berair, menguap, kepala kerap bersandar dan laju kendaraan mulai oleng. Itu menandakan anda harus beristirahat terlebih dahulu, karna jika anda tetap memaksakan diri maka kemungkinan besar akan terjadi kecelakaan.

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Ketika Ingin Berkendara | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5