Cara Memilih Oli Yang Bagus Untuk Motor Matic

 

Cara Memilih Oli Yang Bagus Untuk Motor Matic – Keberadaan motor matic makin mencuri simpati masyarakat Indonesia. Produsen otomotif berlomba-lomba memproduksi motor matic dengan berbagai jenis dan tipe. Laris manisnya motor matic di pasaran menjadi bukti bahwa keberadaan jenis motor ini begitu populer di Indonesia.

Nah, soal perawatan, motor matic memiliki sedikit perbedaan dengan jenis motor lainnya. Motor matic memiliki karakteristik kopling kering, sehingga tidak membutuhkan aditif untuk anti slip kopling. Hal yang berkebalikan dengan jenis motor sport ataupun bebek. Selain itu bagian dalam mesin matic cukup sempit sehingga membutuhkan pelumas yg lebih encer.

Nah, berbicara soal oli atau pelumas mesin ini, sebagai pelumas, oli akan membuat gesekan antar komponen dalam mesin menjadi lebih halus dan memudahkan mesin mencapai suhu kerja yang ideal. Selain itu, oli juga bertindak sebagai fluida yang memindahkan panas ruang bakar ke bagian lain dari mesin yang lebih dingin.

Melihat begitu pentingnya fungsi oli, maka sangat perlu bagi kita untuk lebih mengetahui bagaimana cara memilih oli yang tepat untuk mesin sepeda motor kita, agar mesin motor menjadi awet dan juga bisa bekerja secara optimal tentu saja.

Tips Memilih Oli Untuk Motor Matic

Sebenarnya, memilih jenis oli untuk sepeda motor tidaklah sesulit yang dibayangkan. Asal tahu ilmunya tentu saja. kita tidaklah sulit, perhatikan beberapa point berikut ini.

  1. Mesin motor matik umumnya bekerja pada lalu lintas kota yang padat dengan kinerja stop and Go yang lebih sering. Badan mesin yang tertutup dan desain transmisi yang berkesinambungan menyebabkan mesin menjadi sangat panas. Untuk itu, motor matic memerlukan oli yang memiliki zat aditif yang mampu mengatasi panas mesin. Adanya aditif, misalnya molybdenum, mampu mengurangi gesekan di bagian dalam ruang mesin sehingga kerja mesin jadi lebih ringan dan tarikan lebih spontan, BBM yg lebih irit, dan suhu mesin terjaga tidak terlalu panas.
  2. Oli motor matic juga harus memiliki kekentalan yang pas. Kekentalan Oli yg pas dengan motor matic, kualitas oli matic terbaik (API SL), dan memiliki aditif molybdenum yg berguna utk mengurangi gesekan dalam mesin sehingga kinerja mesin jadi lebih efisien.
  3. Memilih Oli yang bersertifikat. Ada jenis sertifikat yang beredar, yaitu API dan JASO. American Petroleum Institute (API), adalah lembaga yang menguji dan memeriksa kualitas oli yang dipakai di negara-negara Eropa dan Amerika. Sedangkan JASO (Japanese Automotive Standar Association) adalah lembaga di Jepang yang mengecek dan menguji kualitas oli untuk kendaraan di negaranya.
  4. JASO MA adalah kode untuk menunjukkan bahwa oli tersebut sangat cocok untuk motor berkopling basah (terendam oli) dan umumnya semua motor yang masuk ke indonesia menganut sistem kopling basah ini. Sedangkan kode di belakang JASO menunjukkan kualitas sertifikat. Yang paling tinggi adalah JASO MA2 jadi klo bisa pilih yang kode MA nya paling tinggi. Khusus untuk motor matic pilih yang ada kode JASO MB karena tipe mesinnya berbeda.

Beberapa Oli Motor Matic Yang Direkomendasi

Berikut ini beberapa jenis dan merk oli khusus motor matic yang direkomendasikan.

TOP 1
Oli aftermarket dari TOP 1 ini, juga paling banyak diburu. Selain itu tipenya ada tiga macam. Tiga pilihan ini semakin melengkapi kebutuhan pengguna matik akan pelumas. TOP 1 Action Matic dilego Rp 38.500. TOP 1 Action Matic SAE 10W-30 dengan harga Rp 39 ribu. Dan ketiga TOP 1 Action Matic dengan kekentalan SAE 10W-40 dan dibanderol sama, yakni Rp 39 ribu.

SUZUKI GENUINE OIL
Pelumas mesin khusus matik berlambang S ini dibanderol Rp 32 ribu. Isi kemasan yang ada 0,8 liter dan mempunyai viskositas SAE 10W-40 API Service SL JASO MB.

FEDERAL FLICK
Produk ini sebelumnya mempunyai kekentalan 10W-30. Tapi kalau yang terbaru dari Federal sudah mempunyai kekentalan SAE 10W-40. Pelumas mesin ini juga sudah banyak digunakan untuk beberapa motor matik. Bisa untuk matik Honda, Yamaha dan lainnya. Harga jualnya lebih terjangkau Rp 34.500. Harga ini diklaim lebih murah dibanding oli lainnya.

YAMALUBE MATIC
“Yamalube Matic Oil (YMO) memiliki viskositas 20W–40 dengan grade SJ. Cocok untuk semua matik Yamaha mulai dari Mio hingga Lexam,” yakin Robby Sidharta, Assistant Manager Spare Parts Division Yamaha Indonesia. Yamalube Power Matic Oli (YPM) memiliki viskositas 10W-40 grade SL. Oli ini untuk performa misal Xeon. YMO Rp 28 ribu dan YPM Rp 31 ribu.

INDOMOBIL SUPERSYN
Indomobil Supersyn mempunyai viskositas 10W-40. Isi kemasan yang ditawarkan berkapasitas 1 liter. Walaupun harganya sedikit mahal dibanding Yamalube Matic, tapi pelumas ini masih banyak dicari karena mempunyai kualitas baik. Juga dipastikan cukup memenuhi kebutuhan matik dari Suzuki misal Spin, Skywave, Skydrive atau Nex. Harga Rp 41.500.

AHM OIL
Ini pelumas khusus untuk matik keluaran Honda. Mempunyai kekentalan 10W-30 dengan harga jual yang masih di bawah Rp 50 ribu.

 

Cara Memilih Oli Yang Bagus Untuk Motor Matic | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5