Cara Manual Periksa Keadaan Busi Dengan Mudah

Peran busi pada kendaraan sangatlah penting, dikarnakan busi merupakan salah satu perangkat yang urjen dalam pengapian pada motor. Jika busi mengalami masalah maka yang terjadi pada motor akan tersendat-sendat ketika perjalanan, atau bahkan lebih dari itu bisa mati dan tidak mau jalan.

Jika dilihat kasat mata memang kondisi busi yang rusak dan yang masih berfungsi normal itu hampir sama bentuk fisiknya sehingga ketika ingin mengecek kondisi busi tersebut menjadi agak sulit. Akan tetapi jangan bersedih hati dulu, karna disini kami akan memberikan beberapa tips menarik yang bisa kita lakukan dengan sendiri untuk melakukan pengecekan busi apkah masih dalam kondisi normal atau tidak bekerja maksimal.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melepas busi dari blok mesin motor dengan kunci yang sesuai. Setelah anda berhasil melepaskan busi tersebut maka bersihkanlah, anda bisa menggunakan amplas untuk membersihkan kotoran membandel yang menempel pada busi.

Jika anda sudah membersihkannya jangan langsung anda memasang busi tersebut pada blok mesin motor anda, akan tetapi tempelkan terlebih dahulu busi dengan kutup massa atau body terdekat. Dengan keadaan yang terbuka coba perhatikan percikan api yang keluarkan busi, jika percikan busi yang dihasilkan besar maka busi tersebut masih bisa digunakan.

Akan tetapi jika percikan busi yang dihasilkan itu kecil, bisa jagi kinerja dari busi tersebut sudah berkurang, terlebih lagi busi tersebut sudah tidak mengeluarkan percikan api sedikitpun, itu tandanya busi sudah mati dan tidak bisa digunakan lagi. Maka segeralah menggantinya dengan yang baru.

Akan tetapi ada hal yang perlu diingat, terkadang ketika busi tersebut tidak mengeluarkan api bisa jadi koil yang tidak bekerja secara maksimal.

Tapi ketika penutup busi dilepas dan kabel koil didekatkan dengan massa ada percikan api berarti cukup bagus dan Businya yang bermasalah

Cara Manual Periksa Keadaan Busi Dengan Mudah | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5