Cara Hindari Aquaplanning di Musim Hujan

tips-to-avoid-car-skidding-aquaplaning

Bintangotomotif.com – Mengantisipasi aquaplaning di musim hujan adalah salah satu pengetahuan pentin yang harus diketahui oleh setiap penggunaan kendaraan agar para pengendara bisa berkendara dengan aman. Disaat musim hujan yang seperti ini, permukaan jalan menjadi basah karena digenangi oleh air. Perlu diketahui genangan air dijalan bisa jadi menyebabkan kecelakaan. Seperti yang sudah kita ketahu di Indonesia banyak jalan yang tergenang air jika hujan tengah turun, dan seringkali para pengendara motor kurang mengetahui bahwa melewati genangan air memerlukan pengetahuan khusus agar kendaraan tidak mengalami slip atau kehilangan kendali. Karena itulah saat ini kami akan coba membagi tips tentang bagaimana berkendara ketika jalan tergenang air.

Masalah yang seringkali timbul ketika melewati genangan adalah hilangnya atau berkurangnya daya cengkram ban atau sering disebut aquaplanning. Ketika ban masih terbilang baru maka resiko untuk timbulnya aqua planning masih kecil. Namun ketika ban kendaraan sudah terbilang aus maka kemungkinan untuk terjadi aquaplanning sangat besar. Cara antisipasi aquaplanngin di musim hujan yang pertama adalah dengan menghindari menginjak rem dan gas secara mendadak. Ketika aquaplanning terjadi saya sarankan agar tenang dan mengikuti arah kemudi hingga ban kembali menemukan daya cengkramnya. jangan menginjak rem dengan mendadak, biasanya menginjak rem mendadak justru akan semakin memperparah keadaan. Pada saat yang bersamaan lepaskan pedal gas untuk menurunkan kecepatan kendaraan jadi kuncinya tetap tenang dan mengemudilah dengan berhati – hati.

Kemudian untuk langkah selanjutnya yang bisa kalian gunakan untuk mengantisipasi terjadinya aquaplanning adalah dengan mengecek kondisi ban, terutama saat musim penghujan seperti ini. Bagaimana kondisi ban di kendaraan anda sangatlah menentukan. bukan hanya itu saja, bagi kenyamanan anda saat berkendara tetapi juga untuk keselamatan anda. ketika ban sudah mulai aus, maka melewati jalan yang tertutup oleh genangan air akan sangat riskan karena permukaan ban tidak akan bisa mencengkram dengan sempurna. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengganti dengan segera ban mobil Anda yang tapaknya sudah mulai berkurang. Usahakan agar mengganti ban minimal satu pasang sekaligus agar kendaraan mendapatkan keseimbangan dan memiliki daya cengkeram antara kanan dan kiri. Demikianlah dua cara antisipasi aquaplaning di musim hujan.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.