Begini Cara Aman Duplikat Kunci Immobilizer

Semakin canggih fitur keamnan pada kendaraan, disisi lain juga semakin cerdas juga para pencuri. Sehingga tidak cukup mengandalkan keamanan saja, melainkan bagi pemilik kendaraan juga harus tetap was pada dengan keadaan sekitar.

Pada mobil dan motor modern, telah dilengkapi fitur keamanan yaitu kunci immobilizer. Kelebihan dari kunci ini adalah mesin mobil hanya bisa menyala dengan kunci yang sudah memiliki chip yang programnya sudah dikenali oleh ECU.

Ketika membeli motor atau mobil yang telah memiliki fitur ini akan diberikan dua kunci, satu kunci sebagai kunci master dan yang satunya lagi digunakan untuk menduplikasi kunci. Salah satu sepeda motor yang sudah menggunakan kunci immobilizer ini adalah vespa sprint.

Pemilik vespa tersebut memegang dua kunci, kunci biru dan coklat. Kunci master yang berwarna cokelat ini berfungsi sebagai pereset jika memang ingin menduplikasinya.

Jika anda masih takut ingin menduplikasi ditempat-tempat duplikat kunci, maka cara yang paling aman adalah langsung mendatangi bengkel resmi dan jangan lupa juga membawa kunci master yang ingin diduplikat.

“Pihak bengkel nanti akan memberikan kunci dengan chip dan pelanggan tinggal pergi ke tukang kunci untuk menyamakan ulirnya. Soalnya kami tidak punya mesin ulir kunci. Setelah cocok nanti chipnya akan kami program ulang menggunakan kunci master,” tutur Mega dari Meta Dwiguna Transcorp.

Akan tetapi ada batasan untuk menduplikat kunci, yaitu sebanyak tiga kali saja. Sedangkan jika kunci masternya hilang, maka anda harus melakukan penggantian ECU. Sedangkan anda harus menyiapkan ongkos untuk menduplikasi kunci immobilizer Vespa Sprint sebesar Rp 300 ribu.

Sementara itu, menurut pemilik bengkel AGSMATIK, Agus Mustafa, untuk mobil Toyota memiliki empat slot untuk duplikat kunci immobilizer. Sama seperti mobil, bila kunci master hilang, pemilik mobil harus melakukan penggantian ECU. 

“Kalau kunci master masih ada, bisa digandakan, kalau hilang baru harus beli kunci set dan ECU,” turut Agus. 

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.