Bahaya atau Tidak Air Radiator Yang Keruh?

Air radiator pada kendaraan anda berwarna keruh? Pastinya anda akan menanyakan mengenai hal tersebut, apakah akan membahayakan mesin-mesin yang lainnya atau tidak. Pada umumnya air radiator yang keruh pada mobil berwarna kecoklatan. Hal tersebut bisa anda lihat dari lubang yang berada di atas radiator ketika penutup sudah dibuka.

Pasti anda kan bertanya kesana dan kesini untuk memastikan bahaya atau tidak. Menurut seorang mekanik bengkel yang berada di bilakang Pondok Bambu Jakarta Timur, Mugiman, salah satu penyebab air radiator menjadi keruh pada mobil, itu dikarnakan perawatan yang kurang baik dari pemilik mobil itu sendiri.

“Selain itu juga, menggunakan air yang tidak setandar, seperti menggunakan air sumur, dan terjadi endapan, yang kemudian akan mengerak, hal inilah yang membuat air radiator menjadi keruh” jelas Mugiman.

Akan tetapi jelas dia, hal tersebut tidak mengapa dan tidak cukum membahayakan jika pengguna langsung mengganti air radiator yang keruh. ”Kalau pemilik sering melakukan pengecekan, itumah wajar saja, memang sudah saatnya system pendingin dibersihkan. Akan tetapi biasanya air radiator akan bersih walau sudah beberapa hari dipakai, akan tetapi alangkah baiknya kuras saja agar menghindari bahaya yang tidak diinginkan,” jelas dia.

Oleh sebab itu dia menyarankan bagi pemilik mobil harus sesering mungkin untuk mengisi radiator dengan cairan coolant. Karna titik didih air biasa dengan coolant tentu berbeda, selain itu cairan tersebut dapat menyebabkan lebih lama tahan panas dan tidak ada endapan.

“Lebih bagusnya menggunakan menggunakan cairan coolant, berbagai merek yang berkualitas pastinya. Jangan juga mencari coolant yang harganya ekonomis, itu sama saja kualitasnya buruk, yang akan mengakibatkan kerusakan nantinya. Karna tidak semua coolant itu berkualitas baik,” jelas dia.

Akan tetapi jika anda tetap ingin mengisinya dengan air biasa, maka lakukanlah pengecekan secara berkala, dan melakukan pengisian air secara teratur. Bersihkan komponen sistem pendingin dengan menggunakan radiator flush yang banyak beredar di pasaran. “Dikuras saja secara teratur menggunakan flush, cairan flushradiator membuat air yang keruh bisa kembali normal lagi,” tutur dia.

 

Bahaya atau Tidak Air Radiator Yang Keruh? | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5