Alasan Kenapa Oli Kompresor AC Harus Diganti Secara Berkala

Kompresor pendingin kabin atau yang lebih dikenal dengan air conditioner harus diperhatikan pelumasnya, karna air conditioner tidak akan bekerja dengan baik tanpa pelumas. Pelumas ini memiliki beberapa fungsi, seperti pelindung komponen AC, peredam suaara kompresor yang sedang bekerja dan bantalan dari risiko gesekan.

Semakin lama pemakaian kompresor pendingin kabin maka semakin membutuhkan pelumas, oleh sebab itu pentingnya penggantian pelumas secara berkala. Umumnya pelumas khusus yang digunakan pada kompresor tersebut harus diganti setelah pemakaian setahun atau kisaran 20 ribu kilometre. Akan tetapi sangat disayangkan begitu banyak pengendara mobil yang kurang memahami hal tersebut.

Risiko kerusakan pada kompresor AC akan terjadi jika penggantian tidak dilakukan secara berkala seperti kebocoran yang akan terjadi. Dampak yang diakibatkan keluarnya oli dan mengeras melapisi komponen lainnya. Untuk lebih amannya jangan anda melakukan penggantian pelumas kompresor AC sendiri. Karena penggantian tersebut membutuhkan pelepasan komponen dan keahlian khusus.

Akan tetapi seiring berkembangnya zaman, ada cara yang cukup praktis untk melakukan penggantian oli, yaitu dengan mesin khusus seperti yang dimiliki bengkel spesialis AC Rotary Bintaro. Dengan teknik flushing atau pengeluaran oli menggunakan mesin dianggap dapat meminimalisir kegiatan pembongkaran komponen mesin. Sehingga selain risiko kerusakan komponen lain akibat pembongkaran ikut berkurang juga dapat mempercepat proses penggantian oli.

Selain itu, dengan penggunaan mesin tersebut pencemaran terhadap bahan pembersih yang biasanya dilakukan oleh pihak bengkel dapat dihindari. Kelebihan lainnya yakni dapat menghitung secara otomatis dan akurat berapa banyak oli yang masuk ke dalam. Soalnya jumlah pelumas yang tidak sesuai akan berdampak pada kinerja kompresor itu sendiri.

Alasan Kenapa Oli Kompresor AC Harus Diganti Secara Berkala | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5