Akhir Tahun, Waktu Yang Tepat Untuk Mempercantik Mobil

Tidak terasa hari berlalu begitu cepat, kalender telah menunjukkan bulan Desember. Menjelang akhir tahun seperti saat ini biasanya kebanyakan pemilik mobil akan memepercantik penampilan kendaraannya. Terlebih lagi jika mereka tidak ada kegiatan keluar kota dengan kendala anggaran yang terbatas, daripada keluar kota dengan kondisi dompet yang tipis lebih baik uang tersebut digunakan untuk mempercantin penampilan eksterior mobil.

Erwin Santoso, pengelola Rafet Auto, bengkel cat mobil yang ada di Jalan Raya Bogor km 35, menyebut bahwa akhir tahun biasanya memang ada peningkatan konsumen.

Sehingga bengkel-bengkel modivikasi diramaikan dengan mobil-mobil yang siap dipercantik penampilan luarnya. Lantas, apa persisnya yang dilakukan mereka? “Biasanya konsumen mengecat ulang beberapa bagian panel body yang baret atau penyok, sekaligus poles full body,” ujarnya.

Adapun poles sederhananya adalah mengkilapkan kembali cat mobil, dengan cara menghilangkan permukaan kusam. Ada cairan poles yang mengandung kompon, dimana cara penggunaannya sudah tertera pada bungkus.
Adapun pengecatan umumnya dilakukan hanya pada bagian-bagian yang sudah tidak baik. Soal biaya, di Rafet Auto harganya Rp 450 ribu per panel, namun tergantung kondisi panelnya juga.

Sementara harga full polish, Rafet Auto membanderolnya tergantung jenis mobil. Misalnyacity car, sedan, dan hatchback, harganya Rp 650 ribu. MPV Rp 750 ribu, sementara SUV dan mobil besar lain seperti Pajero Sport dan Terrano dibanderol Rp 850 ribu.

Menurut Erwin, konsumen melakukan ini karena ingin mencari mobil baru di awal tahun. Harga jual kembali akan lebih tinggi jika kondisi eksterior baik. Namun memang ada pula yang mempercantik kendaraan tidak untuk dijual kembali.

Akhir Tahun, Waktu Yang Tepat Untuk Mempercantik Mobil | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5